HUT PAS KE-56 : LAPAS BINJAI LAKUKAN BAKTI SOSIAL NARAPIDANA

BINJAI, lapasbinjai.com – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Binjai memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan yang ke 56 tahun. Kegiatan Bakti Sosial yang bertemakan “Speed Up Berprestasi, Pemasyarakatan PASTI Bersih Melayani” ini merupakan wujud dari Bakti Narapidana Lapas Binjai kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19, yang mendapat sambutan baik dari masyarakat.

Ka. Lapas Kelas IIA Binjai, Maju A. Siburian didampingi oleh Ka. KPLP Lapas Kelas IIA Binjai, Rinaldo A.N Tarigan dalam melakukan Apel Giat Bakti Sosial Narapidana dalam Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-56.

Sebab, Lapas Binjai membagikan paket sembako kepada masyarakat sekitar dan abang becak yang mangkal di depan kantor, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Binjai Barat. “Rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke 56 tahun ini diselenggarakan dengan maksud untuk tetap menjaga semangat perubahan dan terus memotivasi untuk terus melakukan inovasi dalam mencapai tujuan sistem pemasyarakatan, sebagaimana dilakukan oleh para pendahulu pemasyarakatan,” ujar Kalapas Kelas II A Binjai, Maju Amintas Siburian usai kegiatan, Kamis (23/4).

Jajaran Pejabat Struktural dan Staf Lembaga pemasyarakatan Kelas IIA Binjai sedang mendengarkan arahan terkait Tata Cara Penyerahan Sumbangan dengan berpedoman pada protokol kesehatan Pencegahan Covid-19.

Lebih Lanjut Kalapas menjelaskan tujuan yang ingin dicapai. Antara lain, peningkatan kualitas pelayanan tahanan, pembinaan narapidana, pembimbingan klien, pengentasan anak dan pengelolaan Barang Sitaan Negara dan Barang Rampasan Negara di tengah kondisi bencana Pandemi Covid-19 yang mendunia.

 “Karena itu, Surat Edaran dari Kementerian Hukum dan HAM yang turun kami tindaklanjuti dengan mengoptimalisasi pelayanan dalam rangka penyelamatan, pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di seluruh UPT Pemasyarakatan. Ini dilakukan sebagai wujud partisipasi aktif jajaran pemasyarakatan dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid-19,” beber Maju.

Petugas Pengawasan dan Pemeriksaan (WASRIK) membantu pengamanan Pembagian Sembako dan Bahan Ketahanan Pangan Hasil Karya WBP Lapas Binjai.

Paket sembako yang diberikan, merupakan donasi atau menyisihkan sedikit rejekinya dari seluruh pegawai Lapas Kelas II A Binjai. Tidak hanya 50 paket sembako saja yang dibagikan, Kepala Seksi Kegiatan Kerja Lapas Binjai, Agus Susanto menjelaskan, Penyerahan hasil karya warga binaan pemasyarakatan berupa masker kepada masyarakat dan juga Penyerahan Hasil Kegiatan Ketahanan Pangan hasil Produksi dari warga binaan Pemasyarakatan berupa Tempe dan Sayur Hidroponik merupakan Hasil dari Pembinaan yang dilakukan di Lapas Binjai.

Kasubbag. Tata Usaha Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Binjai, Syamsinar Simatupang ikut melakukan kegiatan bakti sosial dengan menyerahkan bantuan sembako, masker, dan sayur kepada abang Becak bermotor yang mangkal di depan Lapas Binjai.

Kepala Pengamanan Lapas Kelas II A Binjai, Rinaldo Tarigan dan seluruh jajaran, mengikuti peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan tersebut. Saat memberikan paket sembako, sayur sawi hidroponik dan tempe, Rinaldo juga mengedukasikan masyarakat untuk selalu penggunaan masker. “Masker ini buatan dari wargabinaan kami bu. Mohon dipakai maskernya di tengah Virus Corona ya. Supaya kita selalu terjaga dan sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi,” ujar Rinaldo kepada Ibu yang merupakan Masyarakat di sekitar Lapas Binjai.

Ka. KPLP Lapas Binjai, Rinaldo A.N Tarigan, Kasubsie Registrasi Lapas Binjai, Edward P. Situmorang, Kasubsie Pengelolaan Hasil Kerja, Supian Natalis Foto bersama Masyarakat sekitar yang turut mendapat sembako dalam HUT Pemasyarakatan ke-56.

Sementara, Lapas Binjai juga mengajak Kepala Lingkungan setempat saat membagikan bantuan kepada masyarakat sekitar. “Terima kasih kepada Bapak Kalapas Kelas II A Binjai dan jajaran yang telah memberikan bantuan bahan pokok di Kelurahan Limau Mungkur. Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat kepada masyarakat,” pungkas Kepling, M Syahrul Pulungan. (HUMAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *